FIND YOUR INTERNATIONAL MARKET

Monday, May 08, 2006

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN EKSPOR INDONESIA

Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan ekspor yang berada di lingkungan Badan Pengembangan Ekspor Nasional Departemen Perdagangan, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) senantiasa siap membantu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia para pelaku bisnis, (eksportir maupun calon eksportir), khususnya skala kecil dan menengah, dengan berbagai pengetahuan praktis dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi eksportir handal dan berdaya saing.

Berbagai program pelatihan baik jangka panjang (1-3 bulan) maupun jangka pendek (1-10 hari) dirancang oleh praktisi ekspor dan instruktur PPEI yang berpengalaman, dengan memfokuskan pembahasan atas masalah-masalah aktual perdagangan yang sedang menjadi trend, sesuai dengan kebutuhan nyata dunia usaha.

Selain program pendidikan dan pelatihan dengan sistem tatap muka PPEI juga mengembangkan program Advanced Distance Learning (pelatihan jarak jauh) dengan sistim TV Conference secara interaktif baik tingkat internasional maupun nasional. Pelatihan jarak jauh tingkat internasional telah dilakukan antara lain menghubungkan Jakarta dengan Osaka, Tokyo, dan Bangkok. Sedangkan tingkat nasional menghubungkan Jakarta dengan Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin. Kedepan akan dikembangkan pelatihan jarak jauh antara Jakarta dengan negara-negara ASEAN. Program ini dilakukan mengingat lokasi Indonesia yang terpencar di berbagai pulau, sehingga dapat dimanfaatkan oleh mereka yang berlokasi jauh dari Jakarta.

Sejak didirikan pada tahun 1990, sampai saat ini (2005) PPEI telah melatih lebih dari 27.000 peserta dan telah mendapatkan predikat Center of Excellence dalam kerangka kerja ASEAN Economic Ministry/AEM Ministry of Economic Trade and Industry/METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC) Human Resource Development Working Group Japan, yang salah satu kegiatannya adalah menyusun kurikulum bersama di lingkungan ASEAN untuk bidang International Trade. Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan mutu dan daya saing usaha kecil menengah Indonesia bukan hanya di tingkat ASEAN tetapi juga internasional.

KEGIATAN PPEI :
PPEI membekali para peserta dengan pelatihan bermutu dan pelayanan pengembangan sumber daya manusia, yang antara lain terlihat dalam hal :

  • Program pendidikan dan pelatihan PPEI dirancang sedemikian rupa agar memenuhi berbagai kebutuhan dunia usaha, bekerjasama dengan para praktisi eksportir.
  • Bekerjasama dengan lembaga – lembaga baik di dalam maupun di luar negeri, PPEI menyajikan berbagai pelayanan pasca pendidikan dan pelatihan, guna mendorong lahirnya wiraswastawan-wiraswastawan baru ekspor di dalam wadah Inkubator Bisnis Ekspor.
  • Simulasi Ekspor dipersiapkan PPEI guna memaksimalkan penguasaan materi ekspor impor bagi para peserta, sehingga peserta memahami secara mendalam proses ekspor mulai dari perencanaan sampai kepada realisasi ekspor dan penerimaan pembayarannya.
  • Resource Center dipersiapkan untuk mendukung kelancaran arus informasi yang dibutuhkan oleh peserta dalam kegiatan ekspornya, baik yang berupa literatur maupun yang berupa informasi elektronik.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home